Kamis, 29 November 2012 1 komentar

Memakan Kuning Telur Sama Bahayanya dengan Merokok

Nti-News.Com - Melahap kuning telur sama bahayanya dengan merokok karena bisa meningkatkan atherosclerosis. Inilah hasil penelitian yang dipimpin Dr. David Spence yang telah dipublikasikan baru-baru ini.

Menurut hasil survei lebih dari 1200 pasien, Spence menemukan bahwa mengomsumsi rutin kuning telur 2/3 kali sama buruknya dengan menghisap rokok karena akan meningkatkan timbunan plak dalam pembulu darah, faktor utama terjadinya serangan jantung dan stroke. Penelitian ini juga dipublikasikan secara online di jurnal Atherosclerosis. 

Atherosclerosis,
atau disebut juga penyakit arteri koroner, adalah kondisi di mana arteri tak bekerja secara sempurna mengalirkan darah karena timbunan plak, yang disebabkan oleh kolestrol, yang menempel di dinding dalam arteri. Kalau plak yang menempel dalam dinding arteri ini rontok,  maka si penderita kemungkinan besar akan mengalami serangan jantung atau stroke.

Studi tersebut mengamati data 1231 orang (laki-laki dan perempuan) dengan rata-rata usia 61,5. Mereka adalah pasien-pasien yang datang dengan keluhan penyumbatan pembuluh darah di London Health Science Centre University Hospital. Dengan ultrasound, para peneliti dapat mengetahui area total plak dalam darah pasien. Mereka juga bertanya tentang kebiasaan para pasien dalam merokok (berapa bungkus sehari) dan berapa kali mengomsumsi kuning telur per minggu.

Para peneliti mendapati bahwa area plak meningkat secara linier setelah usia 40 tahun, tetapi peningkatan tersebut akan semakin berlipat-lipat (eksponensial) kalau kita punya kebiasaan merokok dan mengonsumsi kuning telur. Dengan kata lain baik tembakau maupun kuning telur mempercepat proses atheroclerosis. Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa memakan tiga atau lebih kuning telur per minggu menambah area plak secara signifikan dalam pembuluh darah dibanding orang yang makan dua atau kurang kuning telur per minggu.

“Anggapan di masyarakat bahwa kuning telur bagus untuk diet kesehatan memang membingungkan. Kita sudah lama mengetahui bahwa asupan kolestrol tinggi akan meningkatkan risiko gangguan pada pembuluh darah dan kuning telur memiliki kadar kolesterol yang tinggi,” kata Spence, Profesor Neurologi di Western’s Schulich School of Medicine & Dentistry dan Direktur di Pusat Penelitian Atherosclerosis dan Pencegahan Stroke di Robarts Research Institute. Oleh karena itu dia menekankan agar konsumsi kuning telur harus dihindari untuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit cardiovascular (penyempitan pembuluh darah).

Referensi: http://forum.viva.co.id/kesehatan/478034-memakan-kuning-telur-sama-bahayanya-dengan-merokok.html
0 komentar

Benarkah Tubuh Gemuk Banyak Penyakit ?

Setiap orang yang mengalami obesitas berisiko mengidap satu atau beberapa penyakit. Nah, ini dia lanjutannya yang beberapa diantaranya paling sering mengancam jiwa.

Penyakit Kardiovaskular
Kegemukan telah lama menjadi penyebab utama risiko penyakit jantung, stroke dan gangguan pada area kardiovaskular yaitu penyumbatan.

Pemilik tubuh subur juga berisiko lebih besar mengalami tekanan darah tinggi. Kecenderungan angka diabetes yang meningkat akibat obesitas makin mengakibatkan masalah besar pada rasio kesehatan masyarakat.

"Penelitian kami membuktikan bahwa 70 penderita diabetes umumnya meninggal akibat penyakit kardiovaskular yang disebabkan kelebihan berat badan, bukan dari penyakit utamanya diabetes," tambah Dr. Lyn Roberts, pimpinan Heart Foundation, Australia.

Kesuburan
Wanita bertubuh gemuk ternyata juga mengalami kesulitan untuk hamil, ujar Profesor Rob Norman, Fertility Specialist, University of Adelaide, Australia.

"Wanita yang memiliki bentuk tubuh apel, memiliki bobot ekstra di bagian tengah tubuh. Biasanya mereka punya tingkat insulin dan testosteron yang lebih tinggi. Jika ditambah obesitas maka bisa dipastikan akan makin memengaruhi kesuburannya. Begitu pula jika mereka over exercise, hormon juga menjadi tak stabil. Ini karena hormon testosteron bertambah mengurangi kerja hormon estrogen. Ini dapat memicu sakit jantung dan osteoporosis," urai Rob.

Selain itu, kegemukan pada pria bisa menekan fungsi testis hingga berakibat pada level kesuburannya. Ayo, cek body mass index (BMI) Anda dan si dia untuk mengetahui bentuk dan berat tubuh ideal, agar bisa menjadi pasangan subur tanpa masalah.

Gangguan Sendi
Setiap ekstra lemak yang ditimbun di tubuh akan menambah tekanan pada persendian Anda, tiga kali lipat ketimbang bobot tubuh. Selain itu Dr. Julien de Jager, rheumatologist menambahkan fakta berikut ini.

"Bukan hanya persendian penahan tubuh seperti kaki, lutut, dan pinggang yang terkena dampaknya, tapi juga persendian di tangan dan jari," Dampak tubuh tambun juga akan memicu munculnya nyeri di tulang belakang atau punggung. Selain itu, otot bekerja ekstra keras karena harus menahan berat tambahan. Ayo, segera pangkas lemak dan turunkan bobot Anda! 
Referensi: http://unik-dong.blogspot.com/2012/08/benarkah-tubuh-gemuk-banyak-penyakit.html
0 komentar

Perbanyak Jalan Kaki Agar Selalu Bugar


Jangan biarkan rasa malas menghalangi Anda untuk berolahraga. Bila waktu yang sempit menjadi alasan, lakukan saja olahraga jalan kaki. Murah, mudah, dan bisa dilakukan kapan pun.

Para pakar Kesehatan menyatakan, jika ingin tubuh selalu bugar dan sehat kita dianjurkan berolahraga 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu. Tetapi mereka yang tinggal di perkotaan pada umumnya jarang berolahraga karena alasan tidak ada waktu.
"Aktivitas fisik adalah obat mujarab yang akan membuat Anda sehat dan bahagia. Bahkan jika hal itu tak membuat berat badan berkurang, aktivitas fisik akan menurunkan risiko diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronik lainnya," kata Thomas R.Frieden, direktur pusat pengendalian penyakit Amerika Serikat (CDC) seperti dikutip WebMD.

Menurut penelitian tahun 2010 yang dilakukan CDC, sekitar 62 % orang dewasa di AS kini memilih berjalan kaki 10 menit setiap hari sebagai bagian dari olahraga mereka.  Jumlah itu melonjak dari tahun 2005 yang hanya 6 %.

Jalan kaki adalah olahraga semua umur, tidak memerlukan alat apa pun selain alas kaki yang nyaman, serta bisa dilakukan di mana saja. Semakin jauh kita melangkah, makin banyak kalori yang terbakar. Bila ingin pembakaran lebih lagi, tingkatkan saja kecepatan langkah kaki.

Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki di sekitar kompleks perumahan setiap pagi atau dari tempat parkiran ke kantor Anda. Semakin terbiasa, tingkatkan lagi jaraknya sehingga durasi berjalan Anda semakin lama. Meskipun tergolong aman, tetapi sebaiknya Anda mendengarkan isyarat tubuh untuk beristirahat. Hentikan kegiatan jika Anda merasakan keluhan sesak napas, pusing, mual, atau sakit pada tungkai. 

Referensi: http://health.lintas.me/go/unik-dong.blogspot.com/sshh-menyendiri-bagus-untuk meningkatkan-kreativitas/
0 komentar

Sisi Negatif dari Susu Kedelai

SUSU kedelai merupakan alternatif lain dari susu sapi. Biasanya orang-orang yang sedang diet, vegetarian, dan orang dengan alergi protein susu mengonsumsi susu kedelai. Namun ternyata, ada sisi negatif dari susu kedelai yang Anda konsumsi.

Kedelai adalah bahan baku yang bisa dijadikan berbagai macam makanan. Tahu, tempe, dan susu kedelai menjadi salah satu produk hasil dari pengolahan kedelai. Susu kedelai memang tidak sepopuler susu sapi. Tapi, punya manfaat yang hampir sama dengan susu sapi. Sayangnya, ada efek samping yang dihasilkan oleh susu kedelai, yang berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi Anda, seperti dilansir Ehow.

Sebuah penelitian di Linus Pauling Institute melaporkan bahwa pada wanita, susu kedelai dapat menyebabkan kanker endometrium atau lapisan rahim. Susu kedelai juga dapat menyebabkan kanker tiroid dan kanker payudara. Beberapa pengobatan kanker, seperti kemoterapi dapat menyebabkan infertilitas.

Laporan dari Pusat Penyembuhan Global bahwa isoflavon susu kedelai juga dapat mempengaruhi produksi sperma pria dan terjadi penurunan kuantitas sebanyak 40 persen. Fitoestrogen, senyawa yang ditemukan dalam susu kedelai mengurangi testosteron pada pria. Selain masalah seperti osteoporosis dan penyakit kardiovaskular, kadar testosteron rendah juga dapat menyebabkan gairah seks menurun pada pria. Konsumsi susu kedelai dalam porsi yang tidak berlebihan tentu tidak akan membawa Anda pada faktor risiko efek samping dari susu kedelai ini. 

Referensi: http://unik-dong.blogspot.com/2012/08/sisi-negatif-dari-susu-kedelai.html
0 komentar

Menyendiri Bagus untuk Meningkatkan Kreativitas

Nti-News.Com - Menyendiri, menikmati waktu untuk diri sendiri punya banyak manfaat positif. Karena dengan menikmati waktu sendirian, Anda bisa lebih mengenal diri, bahkan meningkatkan kreativitas pada diri.

Psikoterapis, Phillip Hodson, dari Asosiasi Konseling dan Psikoterapi Inggris menyarankan setiap orang perlu menghabiskan waktu sendirian. Penulis dan filsuf Mark Vernon juga menyetujui saran Hodson. Katanya, "Kita terbiasa merasa panik ketika sendirian, padahal kesendirian merupakan bagian penting dari kehidupan".

Vernon melanjutkan, jika Anda tidak menyukai diri sendiri, Anda tidak akan membawa sesuatu yang positif untuk orang lain. Berada dalam kesendirian membuat Anda menikmati diri sendiri. Dengan begitu, Anda lebih terlihat menarik bagi orang lain.

Meluangkan waktu sendiri juga berdampak pada hubungan berpasangan. Saat menjalin hubungan dengan seseorang maka biasanya perhatian Anda sepenuhnya dicurahkan kepada pasangan. Melalui hubungan tersebut maka sebenarnya Anda mencoba mencintai diri melalui pasanga, jelas Vernon.

Meningkatkan kreativitas 
Dalam buku A Return To The Self, psikiater Inggris, Anthony Storr  menjelaskan bahwa kesendirian dapat meningkatkan kreativitas, spiritualitas, dan intelektualitas seseorang.

"Dengan menyendiri membantu Anda berfikir dan menemukan kesimpulan tentang dunia ini, dan hal ini membuat Anda berpikir dewasa. Menyendiri juga membuat kita keluar dari pola aktivitas sehari-hari, mengerjakan sesuatu yang berbeda sehingga membuat kita hidup lebih seimbang," jelasnya.

Cara menyendiri 
Anda bisa melakukan banyak hal ketika meluangkan waktu menyendiri. Meditasi, menjadi cara ampuh untuk relaksasi, mengembalikan energi dan memberikan kejelasan dalam hidup. Selain itu berjalan-jalan santai juga dapat memberikan ketenangan saat menghadapi masalah dan membuat keputusan besar.

Jangan takut, menyendiri itu baik
 Sebagian orang tidak ampu mentoleransi dirinya sendiri. Karenanya mereka cenderung memilih menghindar dari apa yang mereka rasakan.

"Adalah manusiawi ketika kita merasa takut saat sendirian. Tetapi mengabaikan perasaan kita dengan tetap bekerja dalam waktu yang lama, maka akan membuat kita meledak saat kita tidak dapat menampung perasaan tersebut," jelas Vernon.
Referensi: http://health.lintas.me/go/unik-dong.blogspot.com/sshh-menyendiri-bagus-untuk-meningkatkan-kreativitas/
Sabtu, 10 November 2012 1 komentar

Minimal Intervension (DHE, OP, Aplikasi Fluor dan Fissure Sealant)


Minimal intervension atau disebut juga perawatan non invasif merupakan suatu bentuk perawatan seminimal dan sedini mungkin yang diberikan kepada pasien berupa teknik pencegahan terhadap keberlanjutan penyakit pasien beserta pengobatan dengan melibatkan pembuangan jaringan normal gigi seminimal mungkin.

Minimal intervension meliputi:
1. DHE (Dental Health Education)
    DHE merupakan pendidikan kesehatan gigi yang diberikan kepada anak beserta orang tuanya. Pendidikan kesehatan yang dapat kita berikan kepada pasien seperti memberikan petunjuk tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar, kemudian kontrol diet berupa pengecekan jumlah asupan gula dari pasien sehingga kita dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi, serta langkah-langkah yang dapat diambil oleh pasien untuk peningkatan oral hygiene (kebersihan rongga mulut).

Beberapa anjuran yang dapat diberikan saat memberikan DHE:
a. Menyikat Gigi

 
     Menyikat gigi adalah kegiatan yang sering diabaikan oleh masyarakat. Padahal dalam meningkatkan kebersihan mulut, menyikat gigi merupakan pilihan utama yang paling baik dan mudah untuk dilakukan. Kebiasaan menyikat gigi juga harus diajarkan kepada anak sejak giginya sudah mulai erupsi mengingat anak-anak suka dengan makanan yang manis sehingga rentan terjadi karies. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyikat gigi, yaitu:
  • Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu sesudah makan pagi dan sebelum tidur.
  • Sikat gigi dilakukan 30 sampai 40 menit setelah makan karena segera setelah kita makan pH rongga mulut akan terus menurun sebagai dampak adanya asam yang dihasilkan bakteri akibat tersedianya sisa makanan dalam rongga mulut. Sebagaimana yang kita ketahui, asam dapat melarutkan struktur email sehingga hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah kerusakan gigi yang juga dapat diperparah dengan abrasi bila kita langsung menyikat gigi selesai makan. 
  • Pilih sikat gigi yang lembut untuk mencegah abrasi pada gigi dan luka pada gusi.
  • Pilih pasta gigi yang berfluoride.
  • Gunakan antibakteri bila diperlukan. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibakteri secara terus menerus dapat membunuh flora normal di mulut sehingga berpotensi meningkatnya jumlah jamur dalam mulut.
  • Gunakan sikat gigi untuk pribadi, jangan bertukar sikat gigi dengan orang lain. Kebiasaan ini biasanya dilakukan di dalam keluarga. Kebiasaan ini tidak baik, karena bakteri dapat tinggal dalam waktu yang cukup lama pada bulu sikat gigi, sehingga dengan cara ini bakteri dapat berpindah dari mulut ke mulut. 
Cara menyikat gigi yang benar:
  • Letakkan pasta gigi pada sikat gigi. Untuk orang dewasa, dapat menggunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat, sedangkan untuk anak-anak cukup sebesar biji jagung.
  • Menyikat gigi sebaiknya dimulai dari kanan atas ke kiri atas bagian luar, kemudian dari kiri atas ke kanan atas bagian dalam. Selanjutnya turun ke kanan bawah sampai ke kiri bawah bagian luar dan terakhir dari kiri bawah ke kanan bawah bagian dalam. 
  • Gigi bagian depan disikat dengan gerakan atas bawah agar makanan yang terselip diantara gigi dapat dibersihkan.
  • Gigi bagian belakang/samping disikat dengan gerakan memutar.
  • Gigi bagian dalam disikat dengan gerakan seperti mencungkil.
  • Bagian mahkota gigi disikat dengan gerakan maju mundur.
  • Beri tekanan ringan pada sikat gigi.
  • Berkumur sampai bersih untuk menghilangkan busa sisa pasta gigi.
b. Kontrol Diet
    Kontrol diet yang dimaksud disini bukanlah diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, melainkan pengaturan jumlah dan frekuensi asupan makanan serta minuman yang dilakukan 3-7 hari sehingga dapat kita ketahui kebiasaan makan dari pasien apakah itu baik atau buruk.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan kontrol diet adalah
  • Kita mengurangi frekuensi makan dari pasiennamun tidak mengurangi jumlahnya. jadi, dalam sehari pasien makan 3 makanan utama dan 2 atau 3 makanan tambahan. Makanan tambahan berupa makanan yang hanya mengandung sedikit sukrosa (gula).
  • Jangan ngemil diantara jam makan karena dapat mengganggu kerja saliva dalam menetralkan asam.
  • Anak-anak boleh dikasih permen hanya sekali seminggu atau diberikan permen yang tidak mengandung gula seperti xylitol.
Cara melakukan kontrol diet:
  • Pada kunjungan pertama, kita berikan borang kepada pasien untuk diisi dirumah. Borang ini berupa tabel yang harus diisi pasien dengan jujur mengenai apa saja yang dikonsumsi oleh pasien setiap harinya dalam seminggu. Catat juga waktunya saat pasien makan. 
  • Pada kunjungan berikutnya, pasien menyerahkan borang yang sudah diisi lalu kita hitung asupan makanan pasien (dalam hal ini jumlah sukrosa).
  • Kita berikan penjelasan mengenai kontrol diet yang benar kepada pasien.
 2. OP (Oral Prophylaxis)
     Oral prophylaxis merupakan tindakan yang dilakukan untuk membersihkan rongga mulut, baik dilakukan di rumah maupun dilakukan di klinik oleh tenaga professional (dokter gigi). Tindakan ini termasuk kedalam DHE, namun berbeda dengan DHE yang lebih kepada pendidikannya, sedangkan OP langsung kepada tindakannya.

OP yang dapat dilakukan dirumah,seperti:
     a.  Menyikat gigi. 
          Pada anak-anak, diajarkan oleh orang tuanya.
     b.  Melakukan flossing.
      Penggunaan benang gigi (dental floss) ini cukup baik digunakan untuk menghilangkan sisa makanan yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.
Cara penggunaan:
  • Potong benang floss 5-10 cm, putar ujungnya pada jari tengah.
  • Lewatkan benang floss perlahan-lahan melalui titik kontak gigi (antara gigi) naik dan turun.
  •  Jangan terlalu kuat menggesekkannya, karena dapat mengakibatkan luka pada gusi.
  • Setelah flossing, kumur dengan kuat.
    c.  Menggunakan tooth pick (tusuk gigi).
         Penggunaan tooth pick kurang dianjurkan, karena dapat melukai gusi.
    d.  Antibakteri
         Anti bakteri digunakan hanya bila diperlukan, seperti obat kumur.

OP yang dilakukan oleh dokter gigi, seperti:
     a.  Rotating Instrumen.
          Menggunakan alat seperti mikromotor brush, rubber cup atau pumice.
Cara penggunaan:
  • Aplikasikan disclossing gel untuk melihat plak. 
  • Bersihkan permukaan gigi dengan brush kecepatan rendah.
  • Cuci dengan semprotan air.
     b. Scaler.
         Bisa dilakukan dengan manual ataupun dengan scaler dengan motor (getar).

3.  Aplikasi Fluor
     Pengaplikasian fluor terbagi 2, yaitu:
  a. Secara Sistemik
      Pengaplikasian fluor dengan cara diminum sehingga fluor bekerja melalui aliran sistemik tubuh. Biasanya dilakukan dengan minum air  atau makan makanan berfluoride. Pemberian asupan fluor melalui sistemik ini cukup beresiko terjadinya kelebihan fluor, karena sulit untuk mengatur keseimbangan asupan fluor saat kita makan sehari-hari.

 b. Secara Topikal.
     Aplikasi fluor dilakukan untuk mencegah terjadinya karies. Biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami white spot pada gigi. Pengaplikasiannya dengan cara mengoles atau berkumur dengan larutan mengandung fluoride. Ada 2 jenis bahan yang digunakan dalam aplikasi fluor secara topikal ini, yaitu:
  • NaF yang mengandung fluoride 2%, diberikan 4 kali berturut-turut selama setahun.
  • SnF2 yang mengandung fluoride 8%, diberikan 2 kali berturut-turut selama setahun.
  • APF gel.
Cara pengaplikasian fluor dengan menggunakan APF gel:
  • Pasien diberikan OP terlebih dahulu.
  • APF gel diletakkan ke dalam tray sekali pakai.
  • Aplikasikan 1 menit di rahang atas dan satu menit di rahang bawah.
  • Sisa gel tidak dikumur tapi cukup diludahkan saja.
  • 1 jam setelah aplikasi APF gel baru boleh makan atau minum.
  • Ulangi penggunaannya setiap 6 bulan.
4. Penggunaan Pit dan Fissure Sealant
    Pit dan fissure merupakan bentuk anatomis normal yang terdapat pada gigi. Hanya saja, pit dan fissure ini bisa sewaktu-waktu menjadi bertambah dalam akibat makanan ataupun akibat demineralisasi asam sehingga perlu ditutup dengan menggunakan sealant sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut berupa karies.
a.   Tipe Pit dan Fissure
      Ada 2 tipe pit dan fissure, yaitu:
  • Tipe 1, berbentuk huruf V dan celahnya dangkal dan sedikit lebar.
  • Tipe 2, berbentuk huruf I dimana celahnya dalam dan sempit.
b. Indikasi dan Kontra Indikasi Pit dan Fissure Sealant
    Indikasi Penggunaan Pit dan Fissure Sealant
  •  Pit dan fissure tipe 2.
  • Gigi erupsi < 4 tahun. Namun bila umur 7 tahun ada bercak kehitaman boleh diberikan fissure sealant.
  •  Bila gigi molar 1 sudah ada karies, molar 1 yang lain cenderung terkena karies, sehingga perlu diberi sealant.
   Kontra Indikasi Penggunaan Pit dan Fissure Sealant
  • Pit dan fissure tipe 1.
  • Pasien dengan karies interproksimal dan belum mendapatkan tindakan pencegahan karies.
  • Gigi bebas karies > 4 tahun.
  • Pasien yang rentan karies.
c.  Jenis dan Material yang digunakan dalam Pit dan Fissure Sealant
  • Sistem etsa dan polomerisasi. Menggunakan flowable resin komposit yang lebih encer.
  • Sistem non etsa. Menggunakan GIC tipe 7.
d. Cara Aplikasi Pit dan  fissure sealant
    (a) Sistem Etsa
  • Gigi diberikan OP terlebih dahulu.
  • Isolasi gigi dan keringkan permukaan gigi.
  •  Etsa fissure selama 15 sampai 30 detik.
  • Cuci dengan air dan keringkan dengan semprotan udara ringan.
  • Akan muncul bercak putih setelah dilakukan etsa karena terbentuk tag pada gigi untuk retensi.
  • Aplikasi bonding lalu curing selama 20 sampai 40 detik.
  • Aplikasi flowable resin komposit lalu curing selama 20 sampai 40 detik.
  • Cek oklusi dengan articulating paper.
    (b) Sistem Non Etsa
  • Cuci pit dan fissure sealant.
  • Keringkan permukaannya.
  • Aplikasikan cairan kondisioner.
  • Cuci lagi dan dikeringkan.
  • Aplikasikan material GIC.
  • Jangan terkena air selama 1 jam.

Referensi: Kuliah drg. Dharli Syafriza, Sp.KGA - FKG Unsyiah


   Silahkan dijadikan bahan referensi belajar buat sobat semua. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan, bila ada pertanyaan maupun saran dimohon komentarnya yang membangun. Trims ^^
 
;