Kamis, 29 November 2012

Benarkah Tubuh Gemuk Banyak Penyakit ?

Setiap orang yang mengalami obesitas berisiko mengidap satu atau beberapa penyakit. Nah, ini dia lanjutannya yang beberapa diantaranya paling sering mengancam jiwa.

Penyakit Kardiovaskular
Kegemukan telah lama menjadi penyebab utama risiko penyakit jantung, stroke dan gangguan pada area kardiovaskular yaitu penyumbatan.

Pemilik tubuh subur juga berisiko lebih besar mengalami tekanan darah tinggi. Kecenderungan angka diabetes yang meningkat akibat obesitas makin mengakibatkan masalah besar pada rasio kesehatan masyarakat.

"Penelitian kami membuktikan bahwa 70 penderita diabetes umumnya meninggal akibat penyakit kardiovaskular yang disebabkan kelebihan berat badan, bukan dari penyakit utamanya diabetes," tambah Dr. Lyn Roberts, pimpinan Heart Foundation, Australia.

Kesuburan
Wanita bertubuh gemuk ternyata juga mengalami kesulitan untuk hamil, ujar Profesor Rob Norman, Fertility Specialist, University of Adelaide, Australia.

"Wanita yang memiliki bentuk tubuh apel, memiliki bobot ekstra di bagian tengah tubuh. Biasanya mereka punya tingkat insulin dan testosteron yang lebih tinggi. Jika ditambah obesitas maka bisa dipastikan akan makin memengaruhi kesuburannya. Begitu pula jika mereka over exercise, hormon juga menjadi tak stabil. Ini karena hormon testosteron bertambah mengurangi kerja hormon estrogen. Ini dapat memicu sakit jantung dan osteoporosis," urai Rob.

Selain itu, kegemukan pada pria bisa menekan fungsi testis hingga berakibat pada level kesuburannya. Ayo, cek body mass index (BMI) Anda dan si dia untuk mengetahui bentuk dan berat tubuh ideal, agar bisa menjadi pasangan subur tanpa masalah.

Gangguan Sendi
Setiap ekstra lemak yang ditimbun di tubuh akan menambah tekanan pada persendian Anda, tiga kali lipat ketimbang bobot tubuh. Selain itu Dr. Julien de Jager, rheumatologist menambahkan fakta berikut ini.

"Bukan hanya persendian penahan tubuh seperti kaki, lutut, dan pinggang yang terkena dampaknya, tapi juga persendian di tangan dan jari," Dampak tubuh tambun juga akan memicu munculnya nyeri di tulang belakang atau punggung. Selain itu, otot bekerja ekstra keras karena harus menahan berat tambahan. Ayo, segera pangkas lemak dan turunkan bobot Anda! 
Referensi: http://unik-dong.blogspot.com/2012/08/benarkah-tubuh-gemuk-banyak-penyakit.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang bijak sobat ^^

 
;