Sabtu, 01 Desember 2012

Inilah Penyebab Pikun di Usia Muda


Pikun Muda - Selama ini kita menjadi mahfum manakala ibu, nenek atau ayah kita mulai sering lupa. — “Yah, maklumlah usia bertambah, memori atau daya ingat mereka pasti akan berkurang, itu kan salah satu ciri penuaan”—. Pendapat itu benar, namun gaya hidup ternyata punya andil dalam masalah kepikunan. Anda salah jika hanya beranggapan bahwa memori akan berkurang saat usia kian bertambah. Orang dalam usia muda pun dapat terserang kepikunan. Kata kuncinya adalah gaya hidup keliru.
 
Berikut adalah beberapa penyebab kepikunan pada usia muda:

Alkoholisme
Risiko berkurangnya kemampuan memori pada seseorang peminum berat alkohol lebih besar. Biasanya orang usia muda yg suka konsumsi alkohol akan mengalami gangguan pada memori jangka panjang, misalnya saat mengingat sebuah daftar belanja.

Mengkonsumsi alkohol selain membahayakan otak juga akan mempengaruhi memori akibat kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan seseorang jadi pikun. Jika kamu masih muda dan merasa ada gangguan daya ingat atau sering lupa, periksa kadar vitamin B12 yang kamu miliki. Apabila memang dirasa kurang dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12 didalamnya. Oleh karenanya jauhi diri dari minum-minuman yang mengandung alkohol.

Stres berat dan depresi dibiarkan
Depresi berkepanjangan dan tidak dirawat akan menyebabkan seseorang menjadi pelupa karena kemampuan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasinya terganggu. Demikian pula halnya dengan stress bersifat traumatik atau hal menyebabkan kecemasan teramat sangat dapat mengganggu fungsi memori seseorang seperti putus cinta, gagal ujian nasional atau perlakuan berbeda dalam sebuah keluarga.

Percaya diri adalah penetral untuk melawan rasa tidak berdaya kerap timbul saat mengalami stress. selain itu olahraga juga terbukti manjur mengatasi stress karena dengan berolahraga membuat kita merasa enjoy sebab saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan endorin (zat pereda rasa nyeri dan sakit).

Bila ada teman atau keluarga mengalami depresi atau stres berat coba pahami mereka melalui pendekatan empatik. Jangan menghakimi atau memojokkan. Coba posisikan diri kita seperti mereka, dan dengarkan keluhan mereka. Namun sekiranya kita tidak mampu coba cari bantuan profesional.

Jarang mengasah kemampuan otak
Seiring berjalannya waktu, orang dalam usia muda yg jarang mengasah kemampuan otak akan mengalami kemunduran daya ingat dibandingkan dengan mereka yang tetap aktif. Jadi tingginya minat belajar akan membuat Anda melakukan kebiasaan mengingat secara terus-menerus seperti membaca, menghafal, bermain catur atau belajar suatu keterampilan baru. Aktifitas-aktifitas mental ini diyakini dapat mempertahankan kemampuan otak.

Kurangnya aktifitas fisik
Aktifitas fisik tidak selalu dengan olahraga yg berat-berat seperti fitness. Kegiatan fisik seperti naik tangga saat dirumah atau berjalan kaki saat ke warung secara tidak langsung menguntungkan bagi otak dan paru-paru. Fungsi paru yang baik merupakan salah satu karakteristik pada orang dengan daya ingat baik.

Obat-obatan terlarang
Penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat kritis dan sangat membahayakan generasi muda. Dewasa ini banyak anak muda memilih cara salah dalam menyelesaikan masalah seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Padahal dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan otak dan memori. Semakin banyak obat yang diminum maka semakin besar pula resiko mengalami efek samping dari obat tersebut akan berdampak pada daya ingatnya. Selalu hindari obat-obatan terlarang (drugs) agar terhindar dari masalah kesehatan dan kepikunan.

Pola tidur salah
Tidur sangat diperlukan oleh memori, karena saat kita tidur, otak akan mengingat segala informasi yang dipelajari hari ini. Orang sulit tidur dengan lelap pada malam hari cenderung akan menjadi pikun dibandingkan dengan orang selalu tidur lelap. Tidur nyenyak di malam hari dibutuhkan untuk menggabungkan memori eksplisit dan implisit dalam otak, usahakan untuk tidur minimal enam jam perhari untuk menghindari kepikunan.

Karena obat tidur dapat menimbulkan gangguan memori, jadi lebih baik hindari penggunaan obat tidur terutama dalam pemakaian jangka panjang. Agar tidur lelap pada malam hari, biasakan untuk tidur pada jam yg sama, lakukan sesuatu yg rileks saat hendak tidur misalnya membaca atau mandi dengan air hangat dan jangan sering begadang jika tidak ada keperluan.

Demikianlah beberapa sebab-musabab masalah sering lupa pada usia muda yg terjadi karena gaya hidup keliru. Menjaga daya ingat agar tidak mudah pikun sama pentingnya dengan merawat kesehatan tubuh.

Referensi: http://linxets.blogspot.com/2012/12/inilah-penyebab-pikun-di-usia-muda.html

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang bijak sobat ^^

 
;